Perhimpunan Pelajar Indonesia di United Kingdom (PPI UK) akan menggelar “Kampoeng Indonesia” pada 12 Juni 2022. Acara ini bertujuan untuk menjembatani organisasi masyarakat (Ormas) yang ada di UK dengan pelajar-pelajar Indonesia, baik yang sudah berada di UK maupun yang akan studi di UK, secara dalam jaringan (daring/online).

Terdapat dua mata acara utama dalam Kampoeng Indonesia. Pertama, pameran virtual yang dapat diakses http://s.id/PameranKampoengIndonesiaPPIUK . Pameran ini menampilkan informasi serta foto dan video kegiatan Ormas di UK. Acara kedua adalah diskusi daring antara Ormas dan pelajar Indonesia. Dalam diskusi ini, pelajar Indonesia dapat mengeksplorasi gambaran kegiatan para Ormas hingga gambaran kehidupan di UK. Diskusi daring akan berlangsung pada pukul 09.00-14.30 British Summer Time (BST) atau pukul 15.00-20.30 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).

Melalui diskusi daring bersama Ormas, pelajar Indonesia bisa mendapatkan gambaran tentang kegiatan-kegiatan rutin dan momentual yang dilakukan oleh para Ormas. Pelajar Indonesia juga dapat memperoleh gambaran kehidupan di UK dari sudut pandang perwakilan Ormas. Selain itu, pelajar Indonesia yang memiliki ketertarikan lebih lanjut berpeluang mendaftarkan diri menjadi anggota Ormas yang diminati.

Bersamaan dengan diskusi daring antara pelajar dengan Ormas, ada juga sesi bincang-bincang virtual dengan sejumlah pelajar Indonesia di UK yang disponsori beasiswa dan biaya mandiri (self-funded). Dengan demikian, pelajar Indonesia yang berminat studi di UK dapat memperoleh gambaran opsi-opsi sumber pendanaan kuliah.

Project Leader Kampoeng Indonesia PPI UK Nadia Alma berharap, tali siraturahmi yang baru dan erat antara Ormas dengan mahasiswa dapat terjalin dan terbangun lewat Kampoeng Indonesia. Melalui Kampoeng Indonesia, mahasiswa bisa mendapatkan informasi dan cerita mengenai kehidupan warga negara Indonesia di UK, termasuk tips dan triknya.

Nadia menilai, Kampoeng Indonesia dapat menjadi wadah bagi para pelajar yang akan datang ke UK untuk membangun relasi baru. “Harapannya, relasi tersebut bisa menjadi keluarga baru bagi para pelajar ketika tiba di UK. Kami berharap, Kampoeng Indonesia dapat memfasilitasi, mewadahi, dan mengajak mahasiswa dan Ormas di UK untuk lebih dekat dengan satu sama lain serta saling mengenal lebih jauh,” tutur Nadia.

Acara ngobrol-ngobrol bareng Ormas dan mahasiswa yang berada di UK dapat disimak melalui kanal YouTube PPI UK dengan tautan https://s.id/NgobrolOrmasKampoengIndonesia. Dalam rangkaian praacara Kampoeng Indonesia, ada juga sesi siaran langsung bersama Ormas dan mahasiswa Indonesia di UK yang dapat ditonton di https://instagram.com/kampoeng.indonesia. Selamat menyaksikan dan menikmati Kampoeng Indonesia!