Home Pernyataan Sikap SURAT PERNYATAAN PPIUK MENANGGAPI ARTIKEL KOMPASIANA BERJUDUL “Quo Vadis Simposium Internasional PPI...

SURAT PERNYATAAN PPIUK MENANGGAPI ARTIKEL KOMPASIANA BERJUDUL “Quo Vadis Simposium Internasional PPI Dunia? Ajang Berdiskusi atau Ajang Plesiran?”

SURAT PERNYATAAN PPIUK MENANGGAPI ARTIKEL KOMPASIANA BERJUDUL

“Quo Vadis Simposium Internasional PPI Dunia? Ajang Berdiskusi atau Ajang Plesiran?”

 

Menanggapi artikel yang dipublikasikan di Kompasiana tertanggal Minggu, 30 Juli 2017 berjudul “Quo Vadis Simposium Internasional PPI Dunia? Ajang Berdiskusi atau Ajang Plesiran?”, kami Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI UK) dan Panitia Indonesian Scholars International Convention – 9th OISAA International Symposium Warwick (ISIC-SI) 2017 yang sepenuhnya terdiri dari pengurus atau anggota PPI UK, dan pada hakikatnya terpisah dari Dewan Presidium PPI Dunia, menyatakan:

  • PPI UK terpilih sebagai tuan rumah Simposium Internasional (SI) PPI Dunia tahun 2017. Simposium yang dimaksud kami selenggarakan dalam waktu yang berdekatan dengan acara tahunan PPI UK yaitu ISIC, dengan harapan bisa memberikan dampak ke lebih banyak orang, baik yang tinggal di Inggris Raya maupun di luar Inggris Raya.
  • Kegiatan-kegiatan seminar dan pertunjukan seni pada tanggal 24, 26, dan 27 Juli 2017 yang melibatkan pihak eksternal seperti Sudirman Said (Mantan Menteri ESDM), Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Didiet Maulana (desainer & Direktur Kreatif IKAT Indonesia), Handry Satriago (CEO GE Indonesia), TULUS (musisi), dan lebih dari 20 pakar lainnya, sepenuhnya direncanakan dan diselenggarakan oleh panitia ISIC-SI 2017 serta pengurus PPI UK. Kegiatan-kegiatan tersebut memperoleh lebih dari 50 liputan di media massa, dalam bentuk elektronik dan cetak, baik di Indonesia maupun di Inggris Raya.
  • Acara sidang internal PPI Dunia (25-26 Juli 2017) yang menjadi kontroversi di dalam artikel Kompasiana sifatnya tertutup untuk publik dan dikhususkan bagi delegasi PPI Dunia. PPI UK selaku tuan rumah Simposium Internasional hanya berperan sebagai penyedia ruangan dan fasilitas akomodasi untuk dilaksanakannya sidang.
  • Sebagai tuan rumah, PPI UK menyediakan ruang rapat, penginapan dengan kapasitas maksimum dua orang per kamar (akomodasi mahasiswa, bukan hostel), transportasi, dan konsumsi selama acara. Akomodasi kami dapatkan dalam bentuk in-kind sponsorship dari rekanan PPI UK, yaitu The University of Warwick.
  • Seluruh agenda sidang internal, termasuk di dalamnya pemilihan koordinator periode 2017/2018 dan tuan rumah Simposium Internasional 2018, diatur sepenuhnya oleh PPI Dunia melalui Dewan Presidium PPI Dunia, yang terpisah dari kepanitiaan ISIC-SI 2017.
  • Terkait keterlambatan sidang akibat tidak adanya palu, tidak ada koordinasi dari jauh-jauh hari terkait kebutuhan tersebut dari pihak Dewan Presidium PPI Dunia dengan panitia penyelenggara, sehingga keterlambatan tersebut berada di luar kendali panitia.
  • The University of Warwick, Coventry, dipilih sebagai tempat diselenggarakannya Simposium Internasional untuk memastikan para peserta rapat dapat menjalani berbagai kegiatan dengan fokus, mengingat kawasan ini relatif sepi dan tidak memiliki banyak tujuan wisata layaknya Kota London.
  • Di hari pertama kedatangan delegasi PPI Dunia, PPI UK menyelenggarakan tur singkat di kota London menggunakan bus sebagai bentuk dari pertukaran budaya selama kurang dari enam jam, sebelum akhirnya menuju The University of Warwick. Agenda delegasi PPI Dunia di luar SI dan tur yang dimaksud, baik yang sifatnya “plesiran” maupun lainnya, tidak dikelola oleh PPI UK atau panitia penyelenggara ISIC-SI 2017. Oleh sebab itu, apabila hal ini menjadi keprihatinan pihak tertentu, hal tersebut di luar tanggungjawab PPI UK maupun panitia penyelenggara ISIC-SI 2017.

Demikianlah surat pernyataan ini kami buat, untuk dapat mengklarifikasi dan meluruskan kesalahpahaman yang ada.

 

Hormat kami,

London, 1 Agustus 2017

 

Samuel Leonardo Putra                                              

Ketua Panitia ISIC-SI 2017

 

Alanda Kariza                                            

Ketua Umum PPI – United Kingdom

Download Surat Pernyataan PPI UK