Home News PPI United Kingdom siap bekerja #UntukIndonesia

PPI United Kingdom siap bekerja #UntukIndonesia

1274387_10203658155760736_268252179_o

London – Dalam rangka melakukan koordinasi awal kepengurusan, Perhimpunan Pelajar Indonesia di UK (PPI UK) 2013/2014 menyelenggarakan rapat kerja tahunan pada 8 Februari 2014. Rapat kerja ini berlangsung selama dua hari yang di akhiri pada 9 Februari 2014 sore hari. Sekitar 100 orang menghadiri rapat kerja kali ini, meliputi pengurus PPI UK 2013/2014, ketua PPI Cabang se-UK serta perwakilan dari KBRI.

Hari pertama ditujukan untuk pengurus PPI UK dengan tujuan untuk memfinalisasi program kerja PPI UK 2013/2014 serta meningkatkan keakraban antar pengurus. Dilaksanakan di kantor KBRI, Grosvenor Square, London, acara ini diawali dengan makan siang bersama. Makan siang bersama ini memberi kesempatan pengurus untuk berkenalan satu sama lain dimana sebagian besar bagi mereka bertemu untuk pertama kalinya. Dengan menu makanan Indonesia yang disajikan, suasana di ruangan KBRI terasa lebih akrab diantar para pengurus, tidak hanya sebagai partner dalam organisasi PPI UK tetapi sebagai sesama pelajar Indonesia yang hidup di luar negeri. Acara dilanjutkan dengan presentasi dan finalisasi program kerja per divisi. Setelah aktivitas team-building, acara ditutup dengan malam keakraban.

Kegiatan utama dilaksanakan pada hari Minggu melalui kerjasama PPI UK dengan Universitas Imperial College London, tempat dimana hari kedua dilangsungkan. Selain dihadiri oleh 67 pengurus PPI UK, 30 ketua PPI Cabang se-UK, termasuk dari paling wilayah paling utara UK, Aberdeen. Beberapa tamu kehormatan dari KBRI juga turut serta menghadiri acara ini, diantaranya Bapak Harry J. Randou (Deputy Chief of Mission), Koordinator Fungsi Ekonomi, Politik, Protokuler dan Konsuler (Protkon) serta Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud), serta Atase Perdagangan, Perhubungan dan tentu saja Atase Pendidikan Bapak Prof. Tubagus Ahmad Fauzi Soelaiman.

Dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama, kegiatan di hari ini ditujukan untuk mendiskusikan kegiatan setahun baik dari PPI UK, KBRI maupun PPI Cabang. Setengah hari pertama diisi dengan pembukaan oleh bapak Harry dan perkenalan perwakilan-perwakilan Indonesia di UK, Presentasi program Atase Pendidikan di UK oleh bapak Fauzi dan diakhiri dengan foto bersama.
Setengah hari kedua merupakan sesi yang lebih intensif untuk PPI UK dalam memaparkan rencaa program-program kerja satu tahun kedepan. Dibuka oleh Faldo Maldini dan Ray Zulham, ketua dan wakil ketua PPI UK 2013/2014, setiap pengurus inti dan kepala divisi PPI UK selanjutnya berkesempatan untuk memberikan presentasi tentang program kerjanya yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari setiap program. Faldo berharap rapat kerja ini menjadi pijakan awal yang baik untuk setiap aktivitas PPI se-UK selama satu tahun kedepan.

Tahun ini PPI UK membawa visi “Inspirasi untuk Berkarya” dengan mengusung tema #UntukIndonesia. Tema ini akan menyatukan seluruh program kerja yang akan dilaksanakan. Tahun ini, PPI UK memiliki lima pilar utama yaitu, Sekretaris Jenderal, Keuangan, Komunikasi dan Informasi, Bidang Penalaran serta Bidang Minat dan Bakat. Lima pilar ini diharapkan dapat menciptakan organisasi yang dinamis dan solid, menjadi wadah untuk ide dan passion seluruh pelajar di UK serta memaksimalkan peran PPI UK sebagai duta bangsa Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, PPI UK juga mempresentasikan program utamanya International Students Indonesian Convention (ISIC). Sebagai konferensi pelajar tertua yang diselenggarakan oleh PPI UK, ISIC tahun ini akan bekerja sama dengan Ikatan Ilmuan Indonesia Intenational (I-4) dengan mengusung tema “Rediscovering Indonesia’s Potentia; Facing the Challenge of AFTA”. Call for Paper untuk ISIC rencananya akan dimulai pada akhir Februari 2014.

Kegiatan terakhir dari rapat kerja ini adalah membagi tim-tim kecil untuk diskusi yang terdiri dari PPI se-UK per wilayah dan perwakilan pengurus PPI UK dari setiap divisi. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan mempermudah penyerapan aspirasi dari setiap PPI cabang. Menurut Yoga Adhi Prabowo, ketua PPI Aberdeen, “Rapat kerja ini merupakan wadah yang sangat efektif untuk menyatukan aspirasi serta menyamakan visi misi PPI UK dan PPI Cabang yang tersebar di seluruh penjuru UK”.

Nadhila Chairannisa

Comments