Home Events PPI UK di UK Education Fair

PPI UK di UK Education Fair

PPI GOES BACK HOME hadir di pameran pendidikan internasional di Indonesia. Pada tanggal 7 dan 8 Februari 2015 lalu, untuk pertama kalinya Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) UK mendapatkan kesempatan untuk hadir di salah satu pameran pendidikan “STUDY IN UK EXPO 2015”. Bertempat di Jasmine Room – Intercontinental Hotel Jakarta, Indonesia, PPI UK berkesempatan membuka stand untuk menjadi penghubung antara calon pelajar dengan alumni yang pernah menempuh pendidikan di UK maupun perwakilan PPI UK. Kehadiran PPI UK berusaha untuk memberikan informasi termasuk memberikan tips bagi para calon mahasiswa yang berniat menempuh pendidikan di UK. Selain itu, PPI UK juga menghadirkan informasi berupa serba-serbi institusi pendidikan, kehidupan pelajar di beberapa kota di UK, akomodasi, penjemputan, dan bantuan lain yang juga bisa didapatkan melalui PPI UK dan PPI Cabang.

Perwakilan alumni yang hadir dalam IBEC

Acara yang dilaksanakan oleh IBEC (Indonesia-Britain Education Centre) Jakarta dan bekerjasama dengan British Council tersebut memberikan pengalaman bagi para calon mahasiswa untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mulai dari institusi pendidikan, presentasi belajar di UK, saran dan tips termasuk dalam memilih jurusan kuliah dan tes IELTS yang menjadi syarat utama dalam menempuh pendidikan di UK. Bahkan dalam kesempatan tersebut,  bagi yang ingin mengambil program pendidikan jenjang Doktoral dapat menghadiri seminar Guide to produce a Research Proposal yang memberikan panduan berupa cara membuat proposal riset untuk mendaftar program Doktoral di UK yang langsung dilatih oleh perwakilan dari Nottingham University. Selain itu, dua universitas di UK yakni Reading University dan Birmingham University turut berpartisipasi dalam memberikan seminar gratis berupa persiapan dalam mengambil tes IELTS sebagai syarat masuk institusi pendidikan di UK. Kedua perwakilan universitas memberikan materi dalam bentuk training sessions berupa strategi untuk menjawab soal soal IELTS termasuk persiapan sebelum mengambil ujian. Dalam event tersebut, pengunjung juga diberi kesempatan untuk bisa bertanya langsung dengan perwakilan dari beberapa Universitas yang bekerjasama dengan IBEC seperti Lancaster University, University of Manchester, University of Birmingham, Nottingham University, dan lain-lain. Sebagai tambahan, pihak penyelenggara bekerjasama dengan Lancaster University juga memberikan seminar menarik berupa cara membuat personal statement yang baik untuk dapat diterima di universitas ternama di UK. Pameran pendidikan kali ini tidak hanya ditujukan bagi calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di jenjang Universitas namun juga disediakan perwakilan dari pihak institusi pendidikan lain seperti colleges untuk membantu persiapan masuk Universitas lewat program Foundation Year dan sekolah menengah dengan tingkatan Cambridge A Level dan setara. Event yang di buka untuk umum tanpa pungutan biaya tersebut juga memberikan presentasi dan seminar lain yang berhubungan dengan memilih jurusan mauapun program yang tepat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri yakni ke UK.

Selain itu, satu bulan kemudian, tepatnya pada tanggal pada tanggal 14-19 Maret 2015 lalu, PPI UK melalui perwakilan alumni dan anggota aktif PPI UK 2015 yang sedang berada di Indonesia ikut berpartisipasi di acara pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh British Council Indonesia. Acara ini merupakan agenda tahunan British Council yang  tahun ini diadakan di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Meskipun baru pertama kali terlibat, PPI UK tahun ini dapat hadir di tiga kota tersebut.

PPIUK3

Perwakilan alumni pelajar Indonesia di UK pada IBEC Study in UK Expo 2015

Selain memberikan informasi di booth, perwakilan PPI UK juga memberikan presentasi selama setengah jam kepada para pengunjung yang hadir di pameran di Jakarta. Presentasi ini di bawakan oleh dua orang alumni PPI UK, salah satunya Haikal Bekti, mantan ketua PPI UK dua tahun yang lalu.

Hadirnya PPI UK di kedua pameran pendidikan ini tentunya karena ingin memperkenalkan diri sebagai wadah sekaligus penghubung antara calon mahasiswa di Indonesia dengan para mahasiswa di UK maupun alumni. Kunjungan PPI UK di pameran pendidikan tersebut dapat membantu para calon pelajar maupun pengunjung dalam sebanyak mungkin informasi mengenai pendidikan di UK mulai dari sistem pendidikan, pemilihan institusi yang tepat dengan jurusan yang diminati, konsultasi mengenai kehidupan pelajar, bantuan selama menempuh pendidikan hingga tips mengatur masalah keuangan dan informasi pendanaan pendidikan termasuk beasiswa. PPI UK juga tidak menutup untuk memberikan informasi institusi pendidikan yang lengkap termasuk institusi institusi pendidikan selain yang hadir pada event tersebut. Tidak hanya seputar pendidikan, adanya PPI UK juga diharapkan dapat membantu para calon pelajar dalam mengembangkan diri yang bertujuan untuk menunjang karir di masa depan sesuai dengan jurusan dan program yang akan ditempuh mulai dari pelatihan berupa seminar dan informasi karir yang bisa diraih setelah masa belajar berakhir. Selain itu, untuk memudahkan mendapatkan informasi, PPI UK juga memberikan kontak agar calon pelajar maupun pengunjung dapat mengakses informasi mengenai pendidikan di UK secara online dan sebagai langkah awal PPI UK dalam memperluas jangkauan dalam membantu para calon pelajar Indonesia yang akan menempuh pendidikan di UK.

Adanya perwakilan PPI UK ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih bagi para calon pelajar tentang pentingnya peran PPI UK bagi pelajar. Di kepengurusan tahun ini, PPI UK memiliki program Oi, Mate yang diharapkan bisa membantu calon pelajar di UK untuk mempersiapkan keberangkatan dan menyesuaikan diri di UK.

 

Yuk, kuliah di UK!