Home Events PPI Newcastle Juara PPI UK Champions League 2014

PPI Newcastle Juara PPI UK Champions League 2014

PPI UK Champions League Putaran Final

 

 

 

 

 

 

Putaran final PPI UK Champions League 2014 akhirnya telah berakhir hari Kamis, 24 April lalu dengan pemenang turnamen pada edisi pertama kali ini adalah PPI Newcastle.

Turnamen dimulai dengan antusiasme penonton yang sangat tinggi dan banyak dari mereka yang tidak datang dari kota Newcastle itu sendiri yang merupakan tuan rumah pada edisi pertama ini. Bertempatkan di Northumbria University Sports Central, para penonton sudah berdatangan sejak pagi demi menyemangati para pemain dari kota mereka masing-masing. Dapat dilihat banyak dari mereka datang dari kota-kota yang berjarak jauh seperti London, Southampton, Birmingham dan Nottingham, ataupun yg tidak begitu jauh seperti Manchester, Lancaster dan Sheffield.

Antusiasme para pemain pun juga amat tinggi seperti yang diharapkan dari awal turnamen. Tim-tim yang bertanding adalah tim-tim yang berhasil lolos dari babak kualifikasi yang diadakan sejak akhir Februari sampai awal April 2014 dan tim-tim ini dibagi lagi menjadi dua grup untuk putaran final. Grup A diisi oleh PPI Newcastle, PPI Liverpool, PPI Nottingham dan PPI Southampton sedangkan Grup B diisi oleh PPI London, PPI Lancaster, PPI Manchester dan PPI Birmingham. Seperti yang dapat dilihat dari antusiasme yang menjanjikan dari para pemain sejak awal turnamen ini, pertandingan-pertandingan yang berlangsung dari babak grup sampai dengan babak final menyajikan sebuah tontonan yang menarik dan menghibur dan menunjukkan semangat para pemain ini dari awal pemain ini.

Grup A didominasi oleh 2 besar sang tuan rumah PPI Newcastle dan PPI Liverpool, ini terlihat dari hasil-hasil pertandingan, PPI Newcastle berhasil mengalahkan PPI Southampton 3-1 dan PPI Nottingham 4-2 sedangkan PPI Liverpool berhasil mengalahkan PPI Nottingham 2-1 dan PPI Southhampton 4-1. PPI Newcastle membuktikan dominasinya yang lebih kuat dengan hasil 4-0 melawan PPI Liverpool pada pertandingan ketiga dan PPI Southampton melawan PPI Nottingham menyajikan sebuah pertarungan terakhir yang menarik dengan hasil imbang pesta gol 7-7.

PPI UK Champions League Putaran FinalTidak kalah menarik dari Grup A, Grup B menyajikan sebuah dominasi 3 tim diatas 1 tim, PPI Manchester, PPI London dan PPI Birmingham mengunjukkan gigi saat menghadapi PPI Lancaster. Semangat tinggi yang dibawa PPI Lancaster ternyata tidak mampu menghalau badai serangan daripada 3 tim saat bertanding dan harus rela pulang dengan hasil 0 poin saat dikalahkan 1-5 oleh PPI London, 10-2 oleh PPI Birmingham, dan 9-0 oleh PPI Manchester. PPI London dengan mengantongi 2 hasil imbang saat menghadapi PPI Manchester dan PPI Birmingham dengan skor 1-1 dan 2-2, dan PPI Birmingham harus rela tertinggal di posisi ketiga saat kalah melawan PPI Manchester dengan skor 2-1.

Waktu 45 menit istirahat yang disediakan oleh panitia pertandingan tidak disia-siakan oleh para pemain yang dapat menikmati makanan Indonesia yang disediakan oleh panitia dan juga yang lebih bervariasi lagi oleh bazaar Indonesia yang berlokasi di Domain Student Union di Northumbria University. Sajian makanan seperti Nasi Kuning, Nasi Gudeg dan Es Buah memang menjadi santapan yang nikmat bagi para pemain dan juga para supporter yang berdatangan dari berbagai kota di Inggris. Jumlah pengunjung bazaar yang mencapai 250 orang tersebut memang menunjukkan bahwa itu adalah hari yang pas untuk melepas rasa rindu kepada makanan dari tanah air tercinta.

Babak semifinal dimulai dan pertandingan oleh keempat tim pun memang diharapkan akan berlangsung dengan sangat ketat. PPI Newcastle harus berhadapan dengan juara bertahan Piala Atdik 2013 PPI London dan hanya dapat mencetak satu gol yang diciptakan oleh Nandi dengan skor akhir 1-0 untuk memastikan diri melaju ke babak final. Di lain pihak, Gilbert dari PPI Manchester menjadi inspirasi bagi timnya untuk mengalahkan PPI Liverpool dengan skor 2-1.

Babak final pun tidak kalah sengitnya walau harus diakui, faktor kelelahan mempengaruhi tempo permainan dari kedua tim. PPI Newcastle berhasil unggul 3-1 pada babak pertama dengan Nandi yang kembali menjadi inspirator timnya dengan mencetak 2 gol pertama timnya. Babak kedua berlangsung lebih sengit dan Gilbert kembali menjadi pemimpin dari PPI Manchester untuk berusaha mengejar walaupun pada akhirnya PPI Manchester tidak dapat mencetak lebih dari 3 gol sedangkan PPI Newcastle kembali menunjukkan dominasinya dan PPI Manchester harus rela mengakui ketangguhan mereka dengan kekalahan telak 8-3. PPI Newcastle membuktikan bahwa mereka pantas mengangkat piala PPI UK Champions League sejak awal dan kerja keras mereka terbayarkan dihadapan supporter mereka yang menyaksikan dan memberikan dukungan sejak awal. Nandi dari PPI Newcastle berhak meraih penghargaan Golden Boot dengan 10 golnya sepanjang turnamen dan Gilbert berhak meraih penghargaan Most Valuable Player dengan semangat dan daya juang tingginya yang dapat menginspirasi rekan-rekannya dari PPI Manchester untuk terus melaju ke babak final.

Photo Credits: Tim Dokumentasi PPI Newcastle

Galeri foto PPI UK Champions League Putaran Final 2014 dapat dilihat di https://www.facebook.com/albumppi.newcastle/media_set?set=a.818993161463384.1073741851.100000581234051

Informasi lengkap mengenai PPI UK Champions League dapat dilihat di http://ppiuk.org/champions-league/