Home Selesai Kuliah

Selesai Kuliah

Lulus kuliah dengan nilai bergengsi dari universitas di UK adalah harapan semua orang. Tetapi, apakah kita sudah punya rencana apa yang akan kita hadapi saat lulus?

Wisuda

Tentu saja wisuda merupakan sebuah upacara yang sakral untuk kita yang sudah menumpahkan segenap tenaga untuk menyelesaikan pendidikan di kampus tercinta. Tetapi, lumayan banyak mahasiswa Indonesia yang memutuskan untuk tidak ikut wisuda, mayoritas karena sudah harus kembali ke tanah air. Memang boleh sih, karena yang penting adalah ilmu yang didapat dan ijazah sebagai bukti. Tetapi, apabila kalian ingin mengikuti wisuda, jangan lupa kabari Ketua PPI Cabang/Perwakilan kalian untuk menginformasikan kepada pengurus PPI UK pusat. Kenapa? Karena akan kami bantu koordinasikan dengan KBRI, karena Dubes kita tercinta, Bapak TM Hamzah Thayeb, dan Atase Pendidikan, Prof. TA Fauzi Soelaiman, dengan senang hati menjadi pendamping wisuda kalian.

Mau pulang, terus barang-barangnya dibuang?

Wah jangan dong, sayang kalau dibuang, kecuali kalau memang tidak mau dibawa. Banyak perusahaan pengiriman barang ke Indonesia, mulai dari yang express satu minggu sampai yang berbulan-bulan lewat laut. Range harganya juga bervariasi, tergantung lama di perjalanannya. Biasanya ukurannya menggunakan meter kubik, dan ini biasanya cara paling hemat. Takut barang kalian ditahan di bea cukai saat tiba di Indonesia? Kalian bisa meminta surat keterangan barang untuk pulang ke KBRI London. Kirimkan saja daftar lengkap barang-barang yang kalian bawa. Tapi ingat, untuk mendapatkan surat ini, kalian harus sebelumnya sudah melakukan lapor diri ke bagian konsuler KBRI London.

Hmm sayang nih kalau belum jalan-jalan dulu…

Benar sekali. Sayang kalau kembali ke Indonesia tanpa menikmati UK sepenuh-penuhnya. Manfaatkan sisa visa kalian dengan berjalan-jalan keliling UK bersama teman-teman. Jangan sampai pas sampai di Indonesia menyesal karena belum sempat mengunjungi ini dan itu. Kalau kalian mau lebih jauh lagi, silahkan jalan-jalan ke Eropa daratan. Tapi ingat, harus membuat visa Schengen terlebih dahulu. Visa Schengen bisa dibuat di kedutaan/konsulat jenderal/atau tempat yang ditunjuk oleh berbagai negara di Eropa. Visa Schengen kalian harus dikeluarkan oleh negara yang menjadi tujuan utama atau menjadi negara yang dikunjungi pertama.

Ga mau pulang ah, mau kerja di sini aja

Ayo dikejar berbagai peluang bekerja di negara Ratu Elizabeth II ini! Banyak sekali perusahaan yang menawarkan graduate jobs di sini. Tapi ingat, untuk selalu apply dari jauh-jauh hari, bahkan berbulan-bulan sebelum kelulusan. Buat CV dan Cover Letter yang secara spesifik memang ditujukan untuk perusahaan tersebut. Isi application form-nya dengan hati-hati dan jujur. Dan ingat jangan menunda-nunda lamaran pekerjaan karena bisa saja posisi-nya keburu terisi dan kalian tidak bisa mengubah visa pelajar kalian menjadi visa pekerja tanpa memiliki pekerjaan yang jelas.