Home Persiapan

Persiapan

Saat-saat sebelum keberangkatan ke UK terkadang menjadi masa yang sangat menakutkan bagi para calon pelajar. Banyak dari mereka yang belum memiliki gambaran tentang bagaimana hidup dan menjadi pelajar di negeri Ratu Elizabeth II ini. Di bawah ini akan ada beberapa panduan yang bisa membantu kalian!

Bagaimana sih cara daftar kuliah di UK?

Pertama-tama pastikan kalau kalian sudah tahu ingin belajar apa dan jenjang apa (apakah pra-universitas seperti A-Level dan Foundation, atau S1, S2, S3, atau short course). Untuk memilih universitas yang tepat, selalu pilih karena kualitasnya, bukan nama kotanya atau hanya sekedar “kuliah di UK”. Dan pilih universitas yang memang top-nya di bidang yang kamu minati. Untuk lihat ranking universitas, baik secara overall maupun khusus di bidang tertentu, bisa buka The Guardian University Guide dan The Complete University Guide.

Nah, untuk mengetahui detail lebih lanjut, langsung buka website universitas terkait. Di sana kalian bisa lihat pilihan jurusan, biaya kuliah, dan cara pendaftaran (yang mayoritas online). Kenapa tidak kita jabarkan di sini? Karena setiap universitas punya ketentuan masing-masing, baik persyaratan nilai masuk (biasanya tidak tinggi-tinggi amat), nilai IELTS yang dibutuhkan, dan tanggal penerimaan siswa baru. Mereka juga dengan senang hati untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian, jadi langsung kontak universitasnya (biasanya via email karena telepon mahal) supaya tahu hal-hal yang masih kurang jelas. Selamat mendaftar!

Bawa stok makanan setengah koper?

Untuk orang Indonesia perut adalah salah satu urusan utama. Dari kecil sudah terbiasa dengan makanan Indonesia, rasanya takut jika harus berpisah. Jangan khawatir, sangat mudah mencari makanan Indonesia di UK. Indomie, tahu – tempe, kangkung, kerupuk udang dan banyak lagi sangat mudah ditemukan di toko Asia di setiap kota, disamping terdapat berbagai toko kebutuhan Indonesia. Jadi tidak usah penuhi koper kalian dengan Indomie dan lain-lain! Kalau makan harus nasi? Jangan khawatir, rice cooker banyak tersedia di sini dan tentunya juga berasnya yang harganya mulai dari 40p (Rp 6,000)! Satu tips dari kami, belajar memasak dari Ibu kalian (atau dari video-video di Youtube) akan sangat membantu untuk berhemat di UK.

Visa dan Imigrasi

Pada saat ini memang UK sedang menjaga perbatasannya sangat ketat karena sudah terlalu banyak pendatang di negara ini. Namun jangan khawatir, kalau kalian punya seluruh persyaratan visa, hampir pasti Visa kalian keluar. Persyaratan paling inti ada 2, yaitu CAS dan uang.

Dokumen paling penting adalah CAS (Confirmation of Acceptance of Studies). CAS ini merupakan suatu nomor/dokumen yang dikeluarkan universitas saat kalian sudah menerima Offer yang diberikan oleh universitas. Jika sudah punya CAS ini, maka 75% dari aplikasi sudah terpenuhi.

Hal nomor dua terpenting adalah uang. Kalian harus menunjukkan bahwa kalian mampu untuk membiayai biaya kuliah dan biaya hidup kalian. Apabila menggunakan beasiswa, biasanya dibutuhkan surat sponsor dari badan pemberi beasiswa tersebut. Apabila pribadi, kalian harus menunjukkan print rekening kalian (atau orang tua kalian) yang menunjukkan bahwa anda memiliki dana untuk biaya kuliah (tuition fee) dan biaya hidup (9 bulan dikali £700 untuk luar London dan £900 untuk London), dan dana ini harus sudah mengendap selama 28 hari di rekening kalian. Bank juga harus mengeluarkan surat menerangkan bahwa kalian adalah nasabah bank tersebut dan memiliki dana yang mencukupi.

Dan jangan lupa hal-hal lainnya, seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Ijazah, Foto 3×4, dan tentunya Paspor yang berlaku dan sudah ditranslate ke bahasa Inggris. Hasil ronsen paru dan bukti bebas-TBC juga harus kalian siapkan. Silahkan cek Tier 4 Migrant Guidance untuk info lebih lengkap terkait Visa.

Bawa jaket wol tebal 1 lusin?

Wah UK kan bakal dingin banget? Memang sudah pasti sih UK lebih dingin dibandingkan Indonesia. Tapi, bukan berarti kalian harus bawa baju tebal satu koper dari Indonesia. Cukup bawa 1 buah coat tebal dari Indonesia untuk hari-hari awal. Lebih baik belanja baju hangat di sini karena lebih murah dan jelas lebih cocok dengan kondisi cuaca. Perlu bawa Long John atau baju monyet? Bawa satu atau dua pasang saja, sisanya bisa beli di UK karena harganya cukup terjangkau. Bawa hoodie atau jaket tahan air merupakan ide bagus, karena UK sangat terkenal dengan hujannya. Jangan lupa bawa batik untuk dipakai saat musim panas dan saat ada acara-acara kebudayaan!

Tinggal di mana nanti?

Mayoritas kampus-kampus di UK menyediakan on campus accommodation. Kami menyarankan untuk tinggal di akomodasi ini karena biasanya sangat dekat dengan kampus sehingga menghemat ongkos (dan tidak perlu bangun pagi-pagi) dan biasanya sudah all inclusive (tidak perlu bayar listrik, gas dan air). Akomodasi ini biasanya dibawah jaminan universitas, sehingga dapat meminimalisir masalah-masalah yang biasa terjadi dengan landlord (atau ibu kos). Lingkungan kampus juga biasanya lengkap kok, dari minimarket, tempat makan, hingga cukur rambut. Banyak pilihannya, mulai kamar mandi luar (standard), kamar mandi dalam (en-suite), studio (kamar + dapur + kamar mandi), bahkan family flat. Untuk yang ingin mencoba tinggal di luar kampus, lebih baik coba dengar saran dari PPI setempat terlebih dahulu. Untuk biaya rumah, sangat bervariasi antar kota. Jadi, harga akomodasi dari kampus (on campus accommodation) dapat menjadi acuan harga akomodasi di luar kampus (private). Untuk info yang lebih lengkap mengenai akomodasi, silahan cek halaman ini.