Home Kehidupan di UK

Kehidupan di UK

Menjalani hidup di UK memang cukup berbeda dibandingkan dengan Indonesia. Namun jangan khawatir, culture shock bisa segera menghilang ketika anda mulai berbaur dengan masyarakat lokal. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di sini sehingga nanti ketika pulang ke Indonesia, kalian sudah punya segudang pengalaman menarik.

Yang paling penting: Kuliah

Kuliah di UK dapat dikatakan lebih santai dibandingkan di Indonesia. Secara kuantitas memang lebih sedikit kelas (atau SKS), tetapi sangat mengedepankan kualitas. Biasanya semua mata kuliah sudah ditetapkan di awal tahun akademik dan tugas-tugas juga sudah dijabarkan sejak awal tahun, sehingga kalian bisa menyusun jadwal dari jauh-jauh hari. Nilai biasanya terbagi atas assignments/coursework, small exam, dan summer exam (yang ini biasanya paling besar bobotnya). Jadwalnya biasanya sudah jelas dari berbulan-bulan sebelumnya. Universitas-universitas sudah didukung Virtual Learning Environment sehingga kalian bisa mendownload berbagai materi kuliah langsung, serta menerima berbagai update dari universitas serta memantau nilai-nilai kalian. Perpustakaan dapat dikatakan sangat lengkap, ditambah dengan koleksi artikel jurnal digital yang melimpah. Manfaatkanlah berbagai fasilitas akademik di kampus kalian untuk menimba ilmu sebanyak mungkin dan lulus dengan grade First + Distinction!

Bisa ikutan ekskul gitu ga sih di UK?

Selain hal akademis, setiap universitas memiliki berbagai macam kegiatan ektrakulikuler yang beragam. Ada yang masih berhubungan dengan kuliah, seperti Medicine Society, Finance Society, Biology Society etc. Ada yang berhubungan dengan hobi, seperti Photography Society, Fashion Society, Hiking Society, etc. Ada yang berhubungan dengan background negara dan suku, seperti Indonesian Society (harus gabung nih!), Asian Society, African Society, Culture Society, etc. Atau untuk olahraga ada Football Society, Rugby Society, Trampolining Society, etc. Bahkan ada yang aneh-aneh, seperti Skydiving Society, Scuba Diving Society, Baking Society, bahkan Harry Potter Society. Kesempatan yang sangat baik untuk mencoba hal-hal baru dan bertemu teman-teman dari berbagai negara! Dan jangan lupa buat ikutan acara dan program (atau malah jadi pengurus) PPI UK!

Kira-kira bakalan homesick ngga yah?

Homesick adalah hal yang wajar karena kalian berada di negara yang terpisah 12,000km dan memiliki budaya yang sangat berbeda. Tapi bertemu dengan sesama pelajar Indonesia bisa sedikit mengobati kekangenan dengan Indonesia. Berbaur dengan masyarakat lokal juga tentu saja sangat membantu. Lagipula kalau kangen kan sudah ada Skype sehingga bisa kembali bertatap muka. SIM card murah juga banyak kok untuk menelepon ke Indonesia (seperti Lebara dan Lyca).

Bahasa Inggris tuh mirip bahasanya Tom Cruise atau Harry Potter sih?

Jangan dikira bahasa Inggris itu cuma satu ya! Memang sih perbedaannya hanya di logat, tapi terasa loh! American English jelas beda dengan British English, dan beda dengan South African English bahkan Australian English. Bahkan di dalam UK sendiri ada banyak aksen, seperti Scottish dari Skotlandia, Geordie dari Newcastle, Northener dari wilayah utara, Scouse dari Liverpool, Irish dari Irlandia, Cockney dari London, dan Posh dari daerah selatan. Tapi jangan khawatir, logat Bahasa Inggris orang Indonesia termasuk yang mudah dimengerti orang lokal. Kalian juga akan mulai nge-tune dengan logat lokal kota kalian setelah beberapa minggu menetap. Beberapa kata yang sering dipakai: mate (dibanding man atau bro), chips (kentang goreng), crisps (keripik kentang), cheers (terima kasih).

Ada makanan enak kayak di Indonesia?

Mungkin hal ini adalah salah satu yang paling dikhawatirkan. Tapi di UK sangat banyak toko makanan Asia, bahkan Indonesia, yang menyediakan berbagai macam makanan dan bumbu masak, seperti kerupuk udang, terasi, kemiri, sereh, lengkuas, saos sambal, kecap manis, bahkan sampai petis. Jadi seharusnya kalian tidak akan kangen akut dengan makanan Indonesia. Belajar masak adalah ide bagus, dan sekarang resep-resep sudah tersedia online. Jika malas masak, banyak restoran-restoran Asia di UK, mulai dari Chinese, Malaysian, Thailand, Vietnamese, Japanese, Indian dan Korean. Emang sih restoran Indonesia masih sedikit. Untuk makanan Halal, jangan khawatir! Dengan populasi muslim yang hampir 10%, makanan halal, baik mentah maupun matang, tersedia di hampir setiap kota di UK.

Lapor Diri di KBRI London

Setiap WNI yang berada di United Kingdom diharapkan untuk melakukan lapor diri ke KBRI London. Dengan Lapor Diri, KBRI bisa mendata jumlah WNI di UK, serta dapat bertindak lebih cepat apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Lapor diri sangatlah mudah, cukup hadir di KBRI London ataupun bisa melalui Pos, serta bisa juga saat Fungsi Konsuler membuka Warung Konsuler di kota/acara tertentu. Informasi lebih lengkap bisa dilihat disini . Selain itu, untuk saling melengkapi data dan juga untuk melihat statistik khusus pelajar Indonesia di UK, Atase Pendidikan KBRI London juga mengharapkan para pelajar dapat mengisi formulir online yang tersedia disini.

Kuliah mulu. Saatnya menikmati hidup!

Untuk para pelajar yang merantau di negeri jauh, berkumpul dengan sesama mahasiswa Indonesia ditemani makanan Indonesia adalah surga dunia. Tergantung di mana kota kalian, biasanya daerah pinggir kota menyediakan pemandangan-pemandangan yang indah, dari perbukitan hijau, sungai-sungai kecil, kebun bunga, dan domba serta sapi yang berkeliaran. Kota kalian juga biasanya memiliki museum dan kastil untuk dikunjungi. Untuk hiburan singkat, biasanya mahasiswa UK berakhir pekan dengan pergi ke pub, bar atau night club. Jika kalian tidak minum minuman beralkohol, jangan khawatir karena tempat-tempat tersebut juga menyediakan jus, air putih, minuman bersoda dan mocktails.

Untuk yang ingin berakhir pekan panjang atau liburan, UK juga punya banyak tempat untuk dikunjungi. Yang suka dengan sejarah UK, bisa berkunjung ke berbagai kastil, seperti Buckingham Palace, Windsor Castle dan Edinburgh. Gereja dan katedral di sini juga sangat tua dan indah, seperti Westminster Abbey dan York Minster. Tidak lupa situs prasejarah Stonehenge yang melegenda (walaupun ga ada apa-apanya dibandingkan Borobudur). Tempat mandi para kaisar Roma di Roman Bath juga tidak bisa dilewatkan. Yang menikmati alam bisa mengunjungi Lake District dan Loch Ness (dan monster Nessie jika beruntung) untuk melihat danau indah di UK. Yang suka mendaki gunung, wilayah Peak District merupakan tempat yang cukup mudah untuk pemula. Gunung-gunung di Wales dan Scottish Highlands lebih menantang lagi untuk didaki. Kalau yang suka berjemur di pantai (walaupun jarang sekali UK cuacanya panas), wilayah Cornwall tidak bisa dilewatkan. Untuk yang suka ke theme park, jangan lupa di UK sudah ada Warner Bros Studio untuk melihat Harry Potter yang memang Inggris sekali, atau ke Thorpe Park untuk menguji adrenalin kalian. Dan jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner lokal seperti Fish & Chips, Steak & Kidney Pie, Haggis, Lancashire Hot Pot, dan Cornish Pasty.

Untuk menghemat biaya kalian, kalau ramai-ramai bisa menyewa mobil lho asalkan kalian punya SIM Indonesia dan belum sampai satu tahun di UK. Jika ingin naik kereta jangan lupa booking dari jauh-jauh hari (paling murah 6 minggu sebelum) dan gunakan YoungPerson Railcard untuk dapat potongan 1/3 harga (dapat dibeli 30 pounds di www.16-25railcard.co.uk). Untuk naik bus, Megabus (uk.megabus.com) menyediakan tiket murah yang kadang tidak masuk akal, selain National Express yang memang sudah terpercaya (dan bisa mendapat potongan 1/3 harga dengan Coach Card seharga 10 pounds). Selamat jalan-jalan dan ditunggu foto-fotonya di Facebook!