Home Bekerja

Bekerja

Kerja di luar negeri mungkin memang menjadi mimpi banyak orang, termasuk di UK. Beberapa penjelasan di bawah ini bakal memberi beberapa informasi dasar tentang bekerja di UK.

Emangnya berapa sih gajinya?

Menurut peraturan baru mengenai minimum wage yang berlaku mulai 1 Oktober 2013, usia di atas 21 tahun £6.31/jam, 18-20 tahun £5.03/jam, di bawah 18 tahun £3.72/jam, dan untuk apprentice (pelatihan kerja sambil kerja beneran) adalah £2.68/jam. Secara kasar, ketika kalian punya gelar S1 dan mendapat pekerjaan di perusahaan yang well established, seharusnya gaji kalian berada di atas £15,000 per tahunnya.

Bisa kuliah sambil kerja sambilan?

Hal ini sangat tergantung pada visa kamu. Secara umum, pemegang visa Student Tier 4 (yang biasanya kita dapat) mengijinkan kita untuk bekerja maksimal 20 jam dalam satu minggu selama masa belajar (term time). Pada saat liburan, alias tidak ada kuliah, tidak ada batasan waktu untuk bekerja. Lumayan untuk menambah uang saku, tapi jangan sampai keteteran belajarnya ya!

Kalau magang bisa ga yah?

Tentu saja bisa. Banyak sekali perusahaan yang menawarkan kesempatan magang. Mayoritas program yang biasa dipanggil internship ini adalah untuk pelajar S1 yang naik dari tahun ke-2 ke tahun ke-3, dan juga untuk mahasiswa master. Perusahaan-perusahaan Indonesia di London juga menawarkan magang loh khusus untuk pelajar Indonesia, seperti KBRI (banyak sekali posisinya), Bank BNI, Bank Indonesia, dan juga BKPM. Magang sangat membantu meningkatkan kualitas CV dan daya beli kamu nanti saat sudah lulus.

Nanti setelah lulus tetap bisa kerja di UK?

Mayoritas perusahaan yang sudah well established di UK memiliki graduate programme khusus untuk para fresh graduate. Mereka membuka pendaftarannya dari jauh-jauh hari, bahkan dari sebelum tahun ke-3 kuliah kalian dimulai (kalau S1). Mereka juga sering menjemput bola ke kampus-kampus kalian untuk mencari pelajar-pelajar terbaik. Saran dari kami, lamar graduate programme sesegera mungkin. Ingat, CV dan Cover Letter kalian harus dibuat secara spesifik untuk perusahaan tersebut. Biasanya mereka memiliki application form online dan isilah dengan hati-hati dan tidak terburu-buru. Jangan menunda-nunda melamar kerja karena ketika Student Visa kalian habis, kalian tidak bisa mengubahnya menjadi Working Visa tanpa ada pekerjaan yang sudah jelas.