Home Akomodasi

Akomodasi

Ada beberapa opsi tempat tinggal yang bisa dipilih jika teman-teman ingin melanjutkan studi di UK. Berikut adalah pembahasan dari beberapa tipe akomodasi yang tersedia.

University Halls / Campus Accommodation

University Halls adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan akomodasi yang disediakan oleh universitas-universitas di UK. Ada beberapa keuntungan yang mungkin didapatkan oleh para mahasiswa kalau mereka memilih tipe akomodasi ini, khusunya dalam hal bersosialisasi. Kemungkinan besar kamu akan tinggal di tempat yang nyaman dan dekat dengan kampus, jadi tidak perlu khawatir dengan jarak yang harus ditempuh ketika harus menghadiri kelas dan acara-acara yang dilakukan di kampus.

Kalau kamu baru pertama kali tinggal jauh dari rumah, university halls dapat menjadi persiapan yang baik sebelum tinggal di private accommodation karena kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan tentang tagihan listrik, air dan gas setiap bulannya. Selain itu, kalau kamu menghadapi kesulitan atau masalah, universitas akan dapat membantu kamu dengan lebih mudah kalau kamu tinggal di salah satu university halls. Beberapa universitas di UK hanya menyediakan university halls untuk mahasiswa tahun pertama.

Kelebihan:

  • Kesempatan yang baik untuk mengenal sesama mahasiswa baru yang kemungkinan dapat menjadi sahabat baru kamu.
  • Pilihan yang tepat untuk belajar hidup mandiri sebelum akhirnya benar-benar memilih untuk tinggal di private accommodation.
  • Kamu tidak akan sendiri. Akan ada banyak orang yang siap membantu kamu jika dibutuhkan.
  • Beberapa universitas di UK (misalnya University of Oxford, Cambrige, Durham, dan York) memiliki sistem college. Artinya, jika kamu memilih untuk tinggal di kampus, kamu akan bergabung di dalam komunitas college tersebut, dan dapat terlibat di berbagai aktivitas sosial.

Kekurangan:

  • Kamu tidak dapat memilih dengan siapa kamu akan tinggal.
  • Tidak ada jaminan bahwa kamu dapat tinggal di hall yang kamu inginkan.
  • Karena kamu akan tinggal dengan banyak mahasiswa lainnya, kamu harus siap dengan keributan dan kekacauan yang dapat terjadi kapan saja.
  • Jika memilih opsi ini, biasanya kamu harus menggunakan shared kitchen atau shared bathroom (kecuali kalau memilih kamar yang en suite), dan tidak ada jaminan bahwa teman satu flat-mu bisa menjaga kerapihan dan kebersihan dapur dan kamar mandi.

 

http-studentville.co_.ukgallery1338938963-FulhamPalaceRoadStudentAccommodationLondon02

Gambar diambil dari sini.

 

Private Student Halls

 Tipe akomodasi ini merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan sebuah kamar yang dirancang khusus untuk kebutuhan mahasiswa. Susunan ruangnya mirip dengan university halls, tetapi dimiliki oleh perusahaan swasta. Kalau kamu mempertimbangkan tipe akomodasi ini, pastikan kamu telah mencari tahu tentang fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan untuk uang yang kamu bayar. Jangan lupa, cari tahu juga tentang berapa jumlah uang muka yang harus kamu bayar.

Universitas kamu kemungkinan besar memiliki daftar perusahaan swasta yang menyediakan jasa penyewaan kamar yang sudah mereka setujui. Beberapa universitas bahkan sudah memiliki perjanjian formal dengan perusahaan-perusahaan swasta tersebut. Salah satu perusahaan yang menyediakan akomodasi jenis ini adalah Student.com, yang menyediakan layanan gratis yang memudahkan kita untuk mencari akodomasi berdasarkan kota atau universitas. Kita bahkan bisa berkonsultasi langsung untuk mendapatkan saran mengenai properti yang paling nyaman dan dekat dengan kampus.

Keuntungan:

  • Private student halls sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, jadi keuntungan yang dimiliki tipe akomodasi ini mirip dengan keuntungan yang dapat kamu dapatkan kalau kamu memilih university halls.
  • Paket yang ditawarkan biasanya sudah termasuk air, gas, listrik dan wi-fi.
  • Lokasi private student halls kemungkinan dekat dengan kampus, halte bus, stasiun kereta, atau pusat perbelanjaan.

Kekurangan:

  • Harga sewa private student halls dan uang muka yang harus dibayar relatif mahal kalau dibandingkan dengan private accommodation dan student halls.
  • Kamu tidak dapat memilih dengan siapa kamu akan tinggal.
  • Karena kamu akan tinggal dengan banyak mahasiswa lainnya, kamu harus siap dengan keributan dan kekacauan yang dapat terjadi kapan saja.

Private Accommodation

Beberapa orang memilih untuk tinggal di akomodasi yang disediakan oleh pihak swasta. Kalau kamu merasa sudah matang dan siap untuk tinggal jauh dari universitas untuk menghemat biaya, maka tipe akomodasi ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi, tidak semua universitas dapat menjamin kamu untuk mendapatkan kamar di university halls – bahkan di tahun pertama sekali pun.

Tinggal akomodasi pribadi sangat menarik karena memungkinkan kamu untuk memutuskan dimana dan dengan siapa kamu akan tinggal. Pastikan kamu telah mencari tahu tentang riwayat perusahaan-perusahaan swasta yang menawarkan akomodasi untuk menghindari penipuan. Jangan lupa cari tahu pula tentang fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan dan apakah harga yang ditawarkan sudah termasuk tagihan listrik, air, gas dan wi-fi. Biasanya, universitas-universitas di UK memiliki daftar perusahaan akomodasi swasta yang dapat dipercaya.

 

Gambar diambil dari sini.

Gambar diambil dari sini.

 

Keuntungan:

  • Kamu memiliki kebebasan penuh karena kamu dapat memilih dimana dan dengan siapa kamu akan tinggal.
  • Terdapat banyak pilihan tipe akomodasi yang tersedia untuk kamu. Mulai dari kamar, flat, hingga rumah.
  • Harga yang ditawarkan relatif lebih murah daripada tinggal di akomodasi kampus.
  • Ruangan cenderung lebih besar. Jika kamu menyewa rumah, kamu akan memiliki ruang tamu dan bahkan pekarangan sehingga bisa menjadi tempat berkumpul yang nyaman.

Kekurangan:

  • Kemungkinan kamu harus mengurus tagihan air, listrik, gas dan wi-fi sendiri. Kamu harus dapat mengelola uang kamu dengan baik sebelum akhirnya memutuskan untuk tinggal di private accommodation.
  • Kamu akan berhubungan langsung dengan landlord dan perusahaan swasta yang menjadi agen akomodasi kamu.
  • Kamu juga harus memiliki kontak-kotak emergensi jika ada masalah dengan listrik, bangunan, dan lain-lain.

Selamat memilih tempat tinggal! Kunjungi Facebook Page Oi, Mate PPI UK untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait kehidupan di UK bagi calon mahasiswa baru. Jika ingin mendapatkan informasi lebih spesifik terkait akomodasi, teman-teman juga bisa menghubungi PPI Cabang terkait.