Home FAQ

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan kepada PPI UK. Silahkan membaca jawaban-jawaban di bawah ini untuk menghindari pertanyaan yang berulang.


Bagaimana cara mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dari universitas?

Persyaratan untuk mendapatkan LoA bisa berbeda-beda, tergantung jenjang pendidikan serta jurusan dan universitas yang di tuju. Namun, secara umum, biasanya universitas mensyaratkan satu esay berisi motivasi (personal motivation letter), dua surat rekomendasi, serta bukti kemampuan bahasa Inggris. Silahkan kunjungi situs jurusan yang anda tuju atau hubungi contact person yang tercantum untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.  

Universitas apa yang lebih bagus untuk Jurusan X?

Beberapa situs yang bisa digunakan untuk mencari tahu peringkat universitas secara umum maupun berdasarkan jurusan. Silahkan kunjungi tiga situs ini sebagai rujukan, dan perhatikan kriteria-kriteria yang digunakan:

Bisakah saya mendapatkan kontak mahasiswa yang sedang menempuh studi di Universitas / Kota X?

Silahkan hubungi PPI Cabang terkait. Kontak PPI Cabang se-UK bisa dilihat di sini.  

Bisakah saya mendapatkan informasi mengenai akomodasi di UK?

Silahkan baca panduan kami mengenai akomodasi untuk mahasiswa di UK di sini. Memilih akomodasi bisa dilakukan dengan menghubungi PPI Cabang di kota tujuanmu, mencari informasi di situs kampus, atau mencari pilihan akomodasi mahasiswa di internet, misalnya melalui situs Overseas Student Living.  

Beasiswa apa saja yang tersedia untuk bersekolah di UK?

Ada banyak sekali beasiswa yang tersedia untuk kuliah di UK, namun jarang tersedia untuk S1. Beberapa universitas menawarkan beasiswa S1, S2, dan S3 secara langsung, tapi biasanya hanya bersifat parsial. Adapun beasiswa S2 maupun S3 yang tersedia bagi pelajar Indonesia dapat dilihat di sini.  

Bagaimana cara bergabung dengan PPI UK?

Semua pelajar Indonesia di United Kingdom merupakan bagian dari keluarga besar PPI UK. Jika ingin bergabung menjadi pengurus PPI UK, pendaftaran biasanya dibuka sekitar bulan November. Info mengenai pendaftaran pengurus akan disebarkan melalui Facebook Page dan Facebook Group PPI UK. Adapun sistem pendaftaran untuk menjadi pengurus di PPI Cabang berbeda-beda, tergantung kebijakan setiap cabang. Silahkan bergabung dengan Facebook Group PPI Cabang untuk info lebih lanjut.  

Mengapa saya harus melakukan daftar diri di KBRI?

Ketika tiba di UK, pelajar Indonesia disarankan untuk melakukan daftar diri agar data dirinya tercatat di KBRI. Daftar diri juga akan memudahkan proses kepulangan karena KBBI akan membubuhkan cap di paspor kita untuk memberikan verifikasi bahwa kita adalah pelajar, serta memudahkan proses legalisasi dan penyetaraan ijazah.  

Apa layanan shipping yang murah untuk mengirim barang dari UK ke Indonesia dalam jumlah besar?

Ada banyak perusahaan yang menyediakan servis pengiriman barang ke Indonesia dengan harga dan jenis layanan yang berbeda, salah satunya adalah VoovitParcel Monkey, atau Trico. Jangan lupa sertakan dokumen-dokumen ini untuk mencegah biaya bea & cukai ketika sampai di Indonesia.  

Apakah ada mahasiswa yang bisa menjadi tour guide untuk membantu kunjungan kami di UK?

PPI UK dengan senang hati dapat membantu menjadi tour guide untuk kunjungan ke UK jika memang waktunya memungkinkan. Untuk itu, tolong isi form di sini.

Apakah PPI UK bisa membantu mempublikasikan acara kami? 

Jika ada informasi yang relevan dengan kehidupan mahasiswa secara umum dan kehidupan mahasiswa di UK secara khusus, kami bisa membantu mempublikasikan informasi tersebut lewat facebook group dan twitter. Silahkan kirimkan materi publikasi beserta posternya ke alamat e-mail PPI UK.

 
 

Jika ada pertanyaan yang belum tercakup dalam FAQ ini, silahkan menghubungi kami di contact@ppiuk.org